6 Bulan DPO Tersangka NH (28), Berhasil Ditangkap Unit Reskrim Polsek Teluk Betung Selatan
14 Juli 2019
100 Peserta lkuti Rapat RPP (Rapat Pemilihan Pengurus) 
14 Juli 2019

Barak Swadaya Polsek Samaturu Terbakar

 

Mediaputrabhayangkara.com,- Kolaka (Sultra),- Personel Polsek Samaturu bersama warga berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di barak swadaya Polsek Samaturu, Polres Kolaka, Jl. Trans Sulawesi Km 40, Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sabtu (13/07/2019).

PS. Paur Subbag Humas Polres Kolaka Bripka Riswandi menjelaskan bahwa, “Peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada pukul 10.00 wita, di duga api bermula dari kamar 2, yang dihuni oleh Brigadir Mustang (Personel Unit Reskrim Polsek Samaturu), kemudian menjalar ke kamar 1, yang dihuni oleh Brigadir Dionisius, (Personil Unit Sabhara Polsek Samaturu), lalu api juga menjalar ke kamar 3, milik Aipda Lesfiking (Kanit Reskrim Polsek Samaturu) kemudian kamar 4, yang di huni oleh Ipda Muh. Saleng (Waka Polsek Samaturu), sehingga ke 4 (empat) kamar barak swadaya Polsek Samaturu tersebut terlalap api”, ungkap Bripka Riswandi.

“Personel Polsek Samaturu berusaha memadamkan api, dibantu oleh warga setempat, namun dengan cepat api membakar seluruh bangunan karena barak tersebut sebagian bahan bangunannya dari kayu dan tripleks, yang mudah terbakar, hanya setengah bangunan yang menggunakan batu bata (semi permanen), selain itu faktor cuaca juga yang saat ini kemarau serta angin kencang sehingga membuat api dengan cepat merembet ke seluruh bangunan barak”, jelas Riswandi

Lanjut Riswandi, “Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.00 wita, namun barang-barang milik personel Polsek Samaturu yang menghuni barak kamar 1, 2 dan 3 yang berisikan perabot rumah tangga, fasilitas tempat tidur, alat elektronik, kulkas, AC, tidak bisa lagi diselamatkan, sehingga kerugian material yang dialami oleh penghuni barak di taksir mencapai sekitar Rp. 80.000.000,- (delapan puluh juta rupiah)”.

Kapolres Kolaka yang diwakili oleh Waka Polres Kolaka Kompol Roberth Silas Boroh, S.Sos, di dampingi oleh Kabag Ops Polres Kolaka Kompol Taufiq Syaiful Bahri, langsung mengunjungi Polsek Samaturu untuk mengecek kondisi barak yang terbakar.

Unit INAFIS Satuan Reserse Kriminal Polres Kolaka, telah melakukan olah TKP dan memasang Police Line pada area kebakaran, dari hasil olah TKP disimpulkan bahwa api berasal dari korsleting arus pendek listrik di kamar 2, milik Brigadir Mustang.

Untuk diketahui bahwa Barak yang terbakar tersebut dibangun secara swadaya oleh personel Polsek Samaturu pada tahun 2000, secara bergantian dihuni oleh setiap personel yang bertugas di Polsek Samaturu. (Hasan.B)