Demi mewujudkan Pemerintah Desa Yang Bersih Dari KKN, Mahasiswa Dan Pemuda Butur Bentuk Aliansi Pengontrol Anggaran Desa
16 Mei 2019
Pemerhati KMK Kendari Kembali Gelar Kegiatan peduli Ramadhan 1440 H
16 Mei 2019

Isi Ramadhan, Pemuda Desa di Taliabu Galang Dana Untuk Rumah Ibadah

Mediaputrabhayangkara.com, Taliabu-Rabu, 15/05/2019.Jika pada umumnya, aktifitas yang dilakukan saat menjelang berbuka puasa dengan ngabuburit, baik jalan di taman sama keluarga, jalan sama gebetan, maka berbeda halnya dengan aktifitas sejumlah pemuda desa Sahu Kecamatan Taliabu Utara Kabupaten Pultab Maluku Utara.

Dalam mengisi dan mengais berkah di bulan suci ini, pemuda desa Sahu mengganti ngabuburit dengan penggalangan dana buat salah satu rumah ibadah yang baru saja dibangun satu bulan yang lalu dari swadaya masyarakat disusun airtuba.

Penggalangan dana dilakukan dengan cara penjualan minuman dingin, (es buah), serta kreatifitas lainnya untuk menu buka puasa, yang dijual keliling kepada warga setempat.
Dari kegiatan dan aktifitas para pemuda, tidak sedikit warga yang mengaku sangat senang dan terbantu, terlebih kepada warga yang sibuk seharian hingga tidak sempat menyiapkan sajian berbuka.

” Alhamdulillah, saya bangga dengan inisiatif pemuda untuk membuat kegiatan ini. Selain dapat dana untuk bantu fasilitas mushollah, juga kita tidak repot lagi untuk buat menu berbuka, karena apa yang ditawarkan sudah membantu kita, karena tidak repot lagi buat menu buka puasa”. Tutur warga

Meskipun dana yang dikelola sangat terbatas, namun karena keikhlasan dan semangat kepemudaan yang tinggi maka hasil yang diperoleh dalam setiap hari cukup membanggakan.

“Awalnya kita pake dana dari hasil gendang sahur oleh teman teman yang lain, dan itupun tidak seberapa, tapi karena semangat dan kebersamaan teman teman pemuda, maka Alhamdulillah kita bisa dapat hasil yang memuaskan, jadi kami yakin ini bisa digunakan untuk keperluan mushollah”Tutur Rahmat, kordinator kegiatan.

Rahmat mengaku, hasil yang dicapai dari mengasong jajanan dalam setiap menjelang berbuka sejumlah Rp.200 ribu bahkan lebih. Itupun hanya beberapa saat saja.
“Alhamdulillah dalam setiap kali keliling kami bisa dapat 2 ratusan lebih, itupun kita buat jajanan terbatas, karena modal masih sedikit, jadi kedepan kita akan perbanyak lagi supaya semua warga bisa ditawarkan agar dana yang diperoleh sudah bisa membantu fasilitas di mushollah” lanjut Rahmat

Menanggapi kegiatan tersebut, tidak sedikit warga yang meminta agar aktifitas kepemudaan seperti yang dilakukan oleh sejumlah pemuda Desa Sahu untuk dijadikan sebagai sebuah agenda tahunan dalam hal ini setiap bulan Ramadhan.
” Saya melihat kegiatan ini sangat positif, maka kalau bisa kedepan dan seterusnya akan terus diadakan, terlebih didesa ini warga sangat apresiatif terhadap nilai nilai yang berfaedah, apalagi untuk fasilitas rumah ibadah yang bisa dipakai bersama, khususnya bagi warga desa Sahu” Tutur Juliani (Selan), salah satu warga desa Sahu, sekaligus demisioner kepala pemuda. (Deni. R)