Kapitan Sultra : Banjir Yang Melanda Konut Bukan Merupakan Faktor Alam Semata
10 Juni 2019
Hadirilah acara Haul ke- 213, “Jaddina Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari”
10 Juni 2019

Kasat Lantas Polres Kolaka Bersama Kapolsek Wolo Pantau Area Jembatan Yang Nyaris Putus

Mediaputrabhayangkara.com,- Kolaka (Sultra),-  Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman, S.Sos.SIK, bersama dengan Kapolsek Wolo Iptu Abdul Rakhman ,S.Si melakukan pemantauan di lokasi jembatan yang terkena dampak longsor, yang bertempat di Jalan Trans Sulawesi, Desa Ulo Kalo, Kecamatan Iwoimenda, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 wita. (9/6)

Saat dilakukan pemantauan debit air sungai belum mengalami penurunan, tanggul di seputaran jembatan masih terus terkikis oleh arus air sungai, namun curah hujan sudah mulai menurun.

Kasat Lantas Polres Kolaka menjelaskan bahwa arus lalu lintas masih bisa diakses dari Kolaka menuju Kolaka Utara demikian pula sebaliknya namun secara bergantian menggunakan satu lajur untuk mengurangi beban dan resiko kerusakan jembatan semakin parah, arus balik lebaran sampai saat ini sepi dan tidak ada lonjakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, di lokasi jembatan telah dijaga oleh personel Polsek, Personel Lantas dan Personel Dishub serta masyarakat sekitar untuk membantu pengaturan kendaraan sampai malam ini.

“Langkah-langkah yang telah diambil yaitu telah berkoordinasi dengan Dinas PU dimana alat berat sudah standby di lokasi, sesuai rencana pada hari Senin (10/06) alat berat akan dioperasikan untuk mengurangi dampak pengikisan air di kaki jembatan, anggota Polri dibantu Dishub dan masyarakat melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas kendaraan”. Tambahnya

“Jika ada peningkatan arus balik lebaran pada hari berikutnya dan kondisi jembatan semakin parah, maka akan diadakan pengalihan arus khususnya kendaraan roda dua melewati jalur alternatif di Desa Iwoimendaa melalui jembatan gantung tembus ke jalan sebelah jembatan, namun untuk roda empat belum ada jalur akses alternatif lainnya. Ungkap Kasman

Ditempat yang sama, Kapolsek Wolo juga menyampaikan bahwa upaya yang telah dilakukan yaitu menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di seputaran jembatan ataupun sungai tetap waspada terhadap perubahan situasi, melakukan pemasangan Police line di lokasi longsor, mengarahkan setiap kendaraan agar tidak melewati jalur / bagian yg tanahnya mulai longsor dengan tujuan menghindari tekanan / beban agar jembatan tidak runtuh.

“Kepada warga sekitar agar meningkatkan kewaspadaan dalam menanggapi situasi cuaca hujan saat ini, selain tanah longsor yang patut diwaspadai, siaga bencana banjir juga merupakan hal yang sangat perlu dilaksanakan”. ucap Kapolsek Wolo. (Hasan.B)