Lurah Jatirahayu Sigap Merespon Pemberitaan Warga Miskin Sunarsih, PPWI Sampaikan Apresiasi
2 Mei 2019
Jaga Mutu Layanan Kesehatan Peserta JKN-KIS, Status Akreditasi Rumah Sakit Harus Pasti
2 Mei 2019

Kopi Robusta Merupakan Tanaman Alternatif Untuk Mengganti Kakao

Mediaputrabhayangkara.com,- KONSEL (SULTRA),-Desa Ataku Kecamatan Andolo Kabupaten Sulawesi Tenggara Realisasikan Dana Desa untuk pengadaan bibit durian dan kopi robusta.

Menurut Alamsah kepala Desa Ataku bekerjasama dengan ketua TPK bapak Heri Siswanto pengadaan tersebut sesuai dengan hasil musrembang kemarin dimana masyarakat meminta bibit durian dan kopi robusta, Ucap Kepaka Desa Ataku saat di temui di lokasi warga yang sedang menyerahkan bibit kopi, Kamis 02/05/2019

Lanjut kades Ataku pengadaan bibit durian ini berjumlah 1000 pohon dan itu kita bagikan ke 200 KK dan masing-masing KK mendapatkan 5 pohon. Dan untuk pengadaan bibit kopi robusta itu sebanyak 10.000 pohon dan itu dibagikan ke kelompok petani kopi yang berbentuk komunitas petani yang berjumlah 50 orang, dan masing – masing petani itu mendapatkan 200 pohon, dan itu tersebar di tiga dusun.

Potensi Desa Ataku ini pertanian dan perkebunan, namun potensi untuk kakao ini sudah susah untuk di upayakan pengadaannya dan juga banyak penyakitnya dan tingkat produksinya juga sudah menurun, makanya masyarakat waktu musrembang itu meminta bibit kopi robusta yang efektif untuk menggantikan kakao. Ucap Alamsah.

Adapun jumlah KK di Desa Ataku ini sebanyak 200 KK, dan wajib pilih sebanyak 438.

Sama halnya yang diungkapkan Abd Wahid salah satu warga Desa Ataku saat dimintai tanggapannya terkait pengadaan bibit durian dan kopi robusta.

Abd Wahid mengatakan ” Waktu mesrembang kemarin kami sengaja meminta bibit durian dan bibit kopi robusta karena potensi untuk kakao sudah tidak bisa di harapkan lagi, disamping cepat sakit kakao juga sudah minim produksinya. Tutupnya

Mudah – Mudahan dengan adanya Dana Desa ini bisa menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang ada di desa, baik itu di bidang pembangunan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat, sehingga bisa terwujud Desa Maju Konsel Hebat. Harapnya. (Hasan.B)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *