Aksi Bakti Sosial Akabri 89 di Desa Sriwulan Sayung Demak
28 Juni 2020
Anggota Polres Badung Ikuti Lomba Cipta Baca Puisi Tingkat Polda Bali
28 Juni 2020

Masyarakat Nekat Tutup Lahan Sawit PT. Kutai Agro Jaya

Reading Time: 2 minutes

Kutai Kartanegara, MPB – Minggu (28/6/2020)  pukul 14.00 wita.Darmono dkk didampingi DPC Projo Kukar serta dukungan dari Pangeran Hario Adiningrat bin Sultan Adji Muhamad Parikesit dari Kesultanan Koetai Kartanegara Ing Martadipura bersama – sama telah melakukan upaya penutupan paksa dilokasi kebun sawit yang telah diserobot PT. KAJ sejak tahun 2013.

Dalam penutupan lahan diturunkan anggota Kepolisian 40 personil dari Resort Kukar dan anggota Polsek Kotabangun guna pengamanan agar tidak terjadi hal- hal yang tidak di inginkan.

Menurut keterangan Darmono lahan seluas 302 ha sudah ditanami sawit dan singkong rencana untuk persiapan produksi pabrik tapioka tahun 2017 dengan kapsitas produksi 40 ton per hari dan miliki 40 karyawan,

Dengan masuknya perkebunan sawit, lahan garapan habis dicabuti oleh karyawan PT KAJ, pupuslah harapan Darmono untuk mendirikan pabrik tapioka.

Darmono mengungkapkan sudah berkali – kali menutup lahan namun selalu berhadapan dengan preman-preman perusahaan hingga nyaris bentrok tutur Darmono

Menurut Ketua DPC PROJO Kukar, Sigit Nugroho dilokasi penutupan lahan sawit, bahwa PT.KAJ telah melakukan perusakan , penyerobotan dan perampasan lahan milik pak Darmono dkk. PT.KAJ tidak miliki ijin Usaha Perkebunan Budidaya di Lokasi milik pak Darmono, lahan tersebut masuk wilayah Ijin Perkebunan Budidaya PT. Bahtera Bahagia (BB) .

Sigit menunjukan surat pernyataan yang dibuat Mukrani mantan Kades Lebahulak bahwa PT.KAJ tahun 2012 membeli lahan seluas 115 ha diDesa Lebaulak Kecamatan Muara Kaman bukan di Desa Sukabumi. Upaya mediasi melalui Pemkab dan DPRD sudah dilakukan namun fihak Perusahaan tidak pernah datang PT.KAJ usaha ilegal ya harus ditutup’ tutup Sigit.

Hingga berita diturunkan PT. Kutai Agro Jaya belum bisa dikonfirmasi. (budi)