Terapkan Pola 3M Dan 1T, Kapolsek Bokondini Lakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat
19 September 2020
Kanit Binmas Polsek Bokondini Melakukan Kunjungan Ke Rumah Duka dan Berikan Bantuan Sembako
19 September 2020

Menulis di Media Online Adalah Seni

Reading Time: 2 minutes

Opini : Meja Redaksi Media Putra Bhayangkara

Di era digital ini menulis adalah seni untuk menghadirkan keindahan sekaligus hiburan. Selain itu, alur yang sistematis juga akan memperlihatkan tingkat kecerdasan seseorang. Hal ini tentu saja terkait nalar dan logika. Jika sudah tepat, tentu Anda akan abadi dikenang para pembaca.

Meja Redaksi Media Putra Bhayangkara memberi masukan kepada pembaca bahwa penulisan di media online cenderung lebih bebas dan dipertanggung jawabkan. Menulis tidak terlalu terpaku pada kaidah-kaidah bahasa dan jurnalistik yang berlaku umum. Sebetulnya penulisan media online tak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Perbedaan yang paling mencolok dengan menulis pada media cetak adalah pembatasan panjang naskah. Biasanya panjang naskah telah dibatasi, misalnya 5 – 7 halaman kuarto diketik 2 spasi. Sementara Media Online disampaikan secara virtual. Berita Online tidak ada pembatasan panjang naskah, karena halaman web bisa menampung naskah yang sepanjang apapun.

Maka demi alasan kecepatan akses, keindahan seni desain dan alasan-alasan teknis lainnya, perlu dihindarkan penulisan naskah yang terlalu panjang. Prosedur naskah biasanya harus di-ACC oleh redaksi sebelum dimuat. Begitu di-upload, setiap berita dapat langsung dibaca oleh semua orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet.

Media online dituntut untuk menyajikan berita yang paling up to date secepat mungkin. Wartawan biasanya tidak perlu menunggu hingga seluruh data terkumpul. Begitu ada data, walau hanya sedikit, mereka langsung melaporkannya. Jika ada perkembangan baru mengenai peristiwa tersebut, mereka melaporkannya lagi. Demikian seterusnya. Karena itu, aturan penulisan di dalam media online cenderung lebih bebas. Demikian opini meja redaksi Media Putra Bhayangkara Semoga bermanfaat bagi kita semua.
(Red MPB. Priyono Amd, SSos)