Kapolres Kolaka Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Miras Hasil Operasi Pekat Anoa-2020
22 Mei 2020
Polisi dan Satpol PP Bubarkan Kerumunan Warga di Alun-Alun Kendal Jelang Waktu Berbuka Puasa
22 Mei 2020

Pemda Pultab Salurkan 337 Ton Beras Ke Masyarakat

Reading Time: 2 minutes

MPB.Com Taliabu – Anggaran Stimulasi senilai Rp. 2,5 Miliar Serta 337 ton beras bantuan Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara untuk masyarakat terdampak Covid-19 akhirnya disalurkan. (Jumat, 22/05/2020)

Penyerahan bantuan ini ditujukan untuk 16.887 Kepala Keluarga (KK) di 71 desa di Taliabu. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati, Ramli kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Taliabu yang diterima Sekretaris Daerah, Salim Ganiru di Gedung Hemungsia Sia Dufu, Kecamatan Taliabu Barat.

Selanjutnya, Gugus Tugas akan menyerahkan bantuan tersebut pada camat yang dilanjutkan pada para kepala desa dan diteruskan kepada warga. Penyerahan beras Covid-19 ini juga dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD Taliabu, Kepala Kejaksaan Negeri Bobong, Kepala Pengadilan Negeri Bobong, Kapolsek Taliabu barat, Danramil Taliabu Barat, Camat Taliabu Barat dan kepala desa serta sejumlah pimpinan SKPD.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Pulau Taliabu, Muhlis Soamole mengatakan selain beras ada pula bantuan stimulan Rp 150 ribu per KK. Total anggaran untuk stimulan sebesar Rp 2,5 miliar.

Bantuan dibagikan kepada seluruh KK yang memiliki Kartu Keluarga atau KTP Taliabu dan terdaftar di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Taliabu paling lambat 10 April 2020 lalu.

Jadi beras dan bantuan stimulan Rp 150 ribu per KK itu akan diberikan kepada setiap KK yang beralamat di Taliabu. Itu berdasarkan data di Dukcapil Taliabu terbaru tanggal 10 April lalu. Jadi kalau ada warga yang baru bikin KK Taliabu di atas tanggal 10 April kemarin itu belum termasuk, karena data yang kita ambil terakhir di 10 April,” terang Muhlis.

Muhlis bilang, beras akan dibongkar di setiap ibukota kecamatan berdasar data jumlah KK yang ada di kecamatan itu.

“Untuk Kecamatan Taliabu Barat, misalnya, yang terdiri dari 13 desa dan memiliki 4.171 KK maka beras yang diturunkan berjumlah 4.171 sak beras,” pungkasnya. (deni)