Terdampak Covid-19, Kapolres Klungkung Mendistribusikan Sembako Kepada Bhabinkamtibmas
11 Mei 2020
Antisipasi Covid 19, Muhaimin Syarif Pasok 10 Ton Beras Untuk Bantu Warga
12 Mei 2020

PERAN WARTAWAN DITENGAH PENDEMI WABAH CORONA COVID-19

Reading Time: 2 minutes

Opini Redaksi MPB :

Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19, yang isinya antara lain soal menjaga jarak fisik. Sementara itu wartawan bertugas melakukan peliputan berita (news gathering) di lapangan dan melaporkannya kepada publik.

Reporter juga kerap disamakan dengan prajurit militer yang selalu siap jika harus mencari atau meliput yang informasi seperti meliput ke daerah konflik bahkan sampai bertugas ke medan perang atau ke zona bahaya.

Namun kondisi sekarang ini wartawan dihadapkan oleh tugas yang sangat berbahaya mengingat kekhawatiran akan penyebaran virus Covid-19 yang bisa mengakibat para wartawan atau reporter terpapar virus karena belum ada vaksinnya.

Sebagai pencari berita dianggap ujung tombak dalam meliput berita. Mengemban tanggungjawab profesi ini harus memiliki kegigihan dalam mengejar berita, cepat dan sigap mengejar berita, serta siap berangkat setiap saat kapanpun dibutuhkan ke lokasi liputan.

Seorang reporter yang bertugas ke bertugas meliput dan berada di tengah pendemi virus Covid-19 seharusnya ada protokol kesehatan serta mitigasi peliputan Covid-19.

Meliput pandemi Covid-19 adalah meliput bencana non alam. Sama halnya dengan meliput pertempuran di medan perang. Semuanya sama-sama berbahaya bagi wartawan.

Wartawan yang berada di medan perang, menurut Hukum Humaniter yang diciptakan oleh masyarakat internasional adalah mengatur perlindungan korban perang.

Wartawan adalah pilar utama kemerdekaan pers. Oleh karena itu dalam menjalankan tugas profesinya wartawan mutlak mendapat perlindungan hukum dari negara dan masyarakat. Selain hal tersebut di lapangan wartawan harus membekali diri dengan membawa perlengkapan yang terdiri dari masker, sarung tangan karet, hand sanitizer, sabun cair dan vitamin.

Pesan dari meja redaksi Media Putra Bhayangkara, “Ingat keluarga di rumah tetap jaga jarak, jangan pernah jemu menjaga keselamatan.

“Selamat bertugas Wartawan Media Putra Bhayangkara”

Salam Setia..!

Salam Satu Pena..!

(Red.Priyono)