Polsek Essang Olah TKP Kebakaran Rumah di Desa Batumbalango Kec. Essang Talaud
17 November 2019
Pemda Konsel Gelar Pengajian Akbar Lintas Kecamatan
17 November 2019

PROSES KERJA WARTAWAN DAN PUBLIC RELATIONS

Reading Time: 2 minutes


Meja Redaksi MPB, 17-Nov 2019 – “Kewartawanan ialah pekerjaan/ kegiatan/ usaha yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan dan penyiaran dalam bentuk fakta, pendapat, ulasan, gambar-gambar dan lain-lain sebagainya untuk perusahaan, radio, televisi dan film”
Orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/ dimuat di media massa secara teratur laporan ini lalu dapat dipublikasi.
“Wartawan” adalah sebuah profesi yang penuh dengan etika dan tata cara maupun aturan dalam menjalankan tugasnya.
Oleh karena itu, setiap orang yang melanggar aturan maupun kode etik tersebut dapat dikatakan bukan sebagai “wartawan” dan hasil karyanya pun bukan merupakan karya jurnalistik.
Proses kerja wartawan berbeda-beda, tergantung dimedia mana dia bekerja.
Kita sebagai wartawan media Putra Bhayangkara yang bekerjasama dengan Kepolisian dalam naungan KBPPPOLRI, tentu berbeda dengan media independen lainnya.
Media Putra Bhayangkara menitik fokus kepada Bimbingan masyarakat baik melalui karya tulis dan atau kegiatan langsung dilaksanakan oleh anggota MPB dilapangan.
Pemimpin Redaksi MPB, sudah membuat penugasan tertulis yang diterima oleh anggota Media Putra Bhayangkara terlampir disurat keputusan pengangkatan (SK) yakni :
– Melakukan Koordinasi / audiensi dengan Kepolisian RI / Pengurus KBPP POLRI dan  instansi terkait tentang kegiatan Media  Putra Bhayangkara.
– Menjalankan kegiatan Jurnalistik sesuai Undang- undang RI No. 40 dan A.D.A.R.T. KBPP POLRI.
– Penulisan pemberitaan harus mendukung secara positif keberadaan Institusi POLRI dan Keluarga Besar POLRI dan tidak bertentangan dengan Perundang-undangan yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia.
-Melaporkan semua kegiatan Jurnalistik ke redaksi Media Putra Bhayangkara.
Redaktur telah rutin memberi arahan kepada wartawan untuk kegiatan peliputan.
Redaktur setiap waktu menentukan berita yang akan dimuat di media Online. Redaktur bertanggung jawab untuk menentukan berita apa yang cocok untuk halaman masing- masing.
Demikianlah kiranya Meja redaksi memberi pandangan kepada masyarakat dan anggota MPB pada kusunya agar lebih memahami tugas seorang Wartawan. (Red.Pri)