Semarakkan Kompleks Argapura Pantai, Polsek KPL Bagikan Ratusan Bendera Merah Putih
11 Agustus 2020
Kapolda Jateng Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Dan Pelantikan 7 Pejabat Utama Polda Jateng dan 2 Kapolres Jajaran Polda Jateng
11 Agustus 2020

Segera Pemilu Presiden AS Calon Wapres Tammy Duckworth Senator Illinois. Mantan Anak Jakarta

Reading Time: 2 minutes

oleh : Paul Alexander Oroh

Media Putra Bhayangkara | Mengapa kita harus bangga dengan negara Indonesia? Mungkin pertanyaan tersebut terkadang muncul dibenak anak muda. Apakah kita sebagai warga negara Indonesia sudah mengetahui seluruhnya tentang Indonesia?

Saya beropini soal Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) semakin dekat.
Tammy Duckworth ternyata punya pengalaman dengan Indonesia. Perempuan yang kehilangan kakinya karena perang tersebut pernah tinggal dan bersekolah di Jakarta.

(Dilansir dari Asian Nikkei)
Rencananya negara itu akan melangsungkan pemilihan presiden pada 3 November nanti.
Duckworth adalah anak perempuan dari seorang ayah Amerika dan ibu Thailand.
Dia adalah seorang politikus dan mantan Veteran Perang Irak, yang menjabat sebagai Senator AS sejak 2017. Wanita berusia 52 tahun itu juga mantan Asisten Sekretaris Departemen Urusan Veteran AS yang termasuk di antara segelintir wanita yang menerbangkan misi tempur selama Operasi Pembebasan Irak pada tahun 2004.

Tammy Duckworth senator Illinois. Mantan anak Jakarta. Salah satu yang dilirik menjadi cawapres Joe Biden. Dia juga mantan veteran perang Irak, dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel AD. Ayah Amerika Serikat, ibu Thailand – Tionghoa. Fasih berbahasa Indonesia. SMP-SMA di Jakarta. Dalam wawancara dengan sebuah majalah di Chicago 2012 dia berbicara bahasa Indonesia: “Saya lancar berbahasa Indonesia. Sebelum bicara dalam bahasa Inggris, saya bicara dalam bahasa Thailand dan Indonesia,” ujarnya dalam wawancara itu. Tammy Duckworth Indonesia banget. Ternyata dua anak Jakarta masuk dalam elite politik Amerika Serikat. Pertama presiden Barack Obama, kedua adalah Tammy Duckworth. Keduaya politisi partai Demokrat.

Saya mencoba menganalisa, kenapa mantan anak Jakarta bergabung dengan partai Demokrat AS, kemungkinan mereka kagum dan belajar dari Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang sangat menghormati keragaman agama dan budaya di Indonesia.

Dari laman www.duckworth.senate.gov
“Saya menghabiskan waktu di Indonesia, sudah lama sekali, di mana saya mulai di kampus Pattimura dan pindah ke Cilandak. Saya mendapatkan kenangan indah, belajar bahasa baru, bertemu teman, berpartisipasi di olahraga, dan berlibur. Saya sangat merindukan waktu di Indonesia.”

Dari Meja redaksi Media Putra Bhayangkara.
Saya, Paul Alexander Oroh berpesan kepada pemuda Indonesia berbanggalah kepada negeri kita yang Beragam budaya Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan. Bahkan banyak warga asing yang mempelajari kebudayaan Indonesia. (Red.MPB)