POLRES MAMBERAMO RAYA AMANKAN 768 BOTOL MIRAS YANG DI SEMBUNYIKAN DI PESISIR SUNGAI MAMBERAMO
16 Mei 2020
POLRI PEDULI, POLRES NABIRE BERBAGI TAKJIL DAN MASKER DITENGAH PANDEMI COVID-19
16 Mei 2020

SINERGITAS TNI DAN POLRI, CEGAH COVID-19 DI KABUPATEN MIMIKA

Reading Time: 2 minutes

Jayapura – mediaputrabhayangkara.com Pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020, Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata,SIK melalui Kabag Ops AKP Andyka Aer, SIK memimpin apel gabungan TNI-Polri yang berjumlah 220 personel bertempat di halaman kantor pelayanan Polres Mimika jalan Cenderawasih Timika dalam rangka berikan himbauan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 semakin banyak maka TNI dan Polri melakukan himbauan kepada masyarakat bertempat diseputaran Kota. Penyampaian Kabag Ops bahwa sesuai Intruksi Bupati melalui rapat yang diputuskan tanggal 21 Mei 2020 akan dimulai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hal ini menindaklanjuti surat edaran Gubernur Papua dan perjanjian bersama Gubernur, Pangdam dan Kapolda Papua. Kita sementara tetap melakukan kegiatan himbauan dan penyekatan jalan serta juga mensosialisasikan rencana pemberlakuan PSBB sehingga masyarakat bisa memahami dari awal, kemudian saya mengharapkan semua anggota tetap menjaga kesehatan.

Kegiatan hari ini masih melaksanakan himbauan memakai masker dan penutupan sebagian akses jalan seperti kemarin dan dilakukan himbauan untuk setiap pukul 14.00 Wit masyarakat tidak boleh yang beraktivitas lagi dan di wajibkan pengendara memakai masker.

Secara umum, himbauan disampaikan untuk terus menjaga kebersihan diri, yaitu dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand-sanitizer, menghindari menyentuh mata hidung dan mulut, serta menghindari kontak dengan penderita demam dan batuk.

Selain itu, bagi yang sedang mengalami batuk serta bersin dianjurkan untuk selalu mengenakan masker apabila sedang batuk dan bersin; serta segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat bila mengalami gejala seperti batuk, demam dan kesulitan bernapas, dengan menjelaskan rekam jejak serta riwayat perjalanan kepada petugas kesehatan.

Ada beberapa tempat atau lokasi yang menjadi perhatian serius dalam himbauan dan penyekatan badan jalan terus dilakukan sehingga masyarakat sadar untuk tidak lagi melakukan aktifitas diatas jam 14.00 wit, seperti diperempatan Polsek Kuala kencana, Bundarana SP2, pertigaan Diana Mall, pertigaan Tiga Raja, perempatan Bank Papua, POM Lama, Pin Seluler, perrempatan Lampu Merah Gunawan, Timika Mall dan perempatan Hasanudin.

Dalam himbauan apabila masih terdapat masyarakat baik pejalan kaki maupun menggunakan kendaraan tidak menggunakan Masker maka diperintahkan untuk kembali kerumah dan jangan lagi melakukan akktifitas dijalan raya apabila tidak terlalu penting.( Arif )