Safari Shalat Jumat, Kapolres Sampang Ajak Masyarakat Tidak Terpancing Isu
28 Februari 2020
Inspektorat Kaimana Akan Audit Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana BOS
28 Februari 2020

Bupati Konsel Lantik 13 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak Tahun 2019

Reading Time: 2 minutes

Konsel, mediaputrabhayangkara.com – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga melantik dan mengukuhkan 13 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kades Serentak (Pilkades) 24 Desember 2019 lalu. Total 128 Desa saat itu yang turut melaksanakan Pemilihan, yang tersebar pada 24 Kecamatan se-Konsel minus Kecamatan Wolasi, pelantikan bertempat di Auditorium Lantai III Kantor Bupati, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Temggara. Jum’at (28/2/2020)

Turur hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin, Kapolres Konsel, AKBP Dedy Adriyanto dan para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

“Atas nama pribadi dan Pemda Konsel, mengucapkan selamat kepada para Kades yang hari ini dikukuhkan, yang merupakan aparat Pemerintah terdepan dalam mengemban dan mewujudkan setiap Program Kerja Pemerintah,” ujar Bupati Konsel, H. Surunuddin mengawali sambutannya.

Dikatakannya. Hari ini merupakan pelantikan 13 Kades sebagai rangkaian hasil Pilkades serentak tahun 2019 yang berjumlah 128 Desa, tentunya harus bertindak sebagai Aparat yang mengetahui kondisi sesungguhnya kehidupan masyarakat, berikut potensi Desanya yang menjadi unggulan untuk dikembangkan. “Sehingga Desa Maju Konsel Hebat dapat dicapai, karena menjadi tanggung jawab Saudara-Saudara,” tegas Surunuddin.

Kades merupakan bagian dari aparat pemerintah, sambungnya, olehnya itu agar menjaga statement dan wajib bertindak berdasarkan pada fakta dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan menjadikan kinerja sebagai prestasi yang dapat di banggakan. Diantaranya pengelolaan Dana Desa yang efektif dan efisien.

“Saya himbau para Kades, agar pengelolaan DD harus berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tepat sasaran demi peningkatan Kesejehateraan Rakyat dan kemajuan Desanya masing-masing,” imbuhnya.

Dijelaskannya, penilaian Korsupgah KPK mengenai pelaksanaan Pemerintahan di Konsel di sektor lain sudah diatas 80%, namun pengelolaan DD masih dibawah angka tersebut, untuk itu pengelolaan DD wajib menjadi perhatian untuk di kelola secara akuntabel dan transparan.

Dikesempatan itu juga, Bupati memerintahkan Kades yang terpilih agar mempertahankan perangkat Desa yang potensial, khususnya Operator yang mengelola Aplikasi Siskeudes, dengan harapan akuntabilitas pelaksanaan Pemerintahan dapat meningkat, demi kelancaran tugas kerja dan kemajuan daerah.

Menutup sambutannya, Surunuddin tak lupa menyampaikan Terima Kasih dan apresiasi kepada para penyelenggaran Pilkades, khususnya Tokoh Masyarakat serta dari unsur TNI – Polri yang telah membantu mengawal pelaksanaan Pilkades, sehingga terlaksana dengan lancar, aman dan kondusif.

Adapun ke-13 Kades yang dilantik hari ini, diantaranya :

Thamsir (Kadis Polo-Pololi, Kec Basala), Rokiman (Wonua Raya, Kecamatan Baito), Nasaruddin (Lerepako, Kecamatan Laeya), Sarto (Potuho Jaya, Kecamatan Lalembuu), Muhtar (Ranooha, Kecamatan Ranomeeto).

Dan 5 Kades dari Kecamatan Kolono, yakni Justamin (Sawah), Arkas (Awonio), Jumrin (Tiraosu), Iman Akbar (Ulusena Jaya), dan Hasiani (Mata Iwoi).

Selanjutnya, 3 Kades dari Kecamatan Kolono Timur, Jumadil (Rumba-Rumba), La Ode Insan (Amolengu), Hayuddin (Kades Batu Putih). (Hasan.B)