Sambut Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Pasuruan Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat
22 Juni 2020
POLSEK PONTIANAK UTARA DAN PLN BEKERJA SAMA TERTIBKAN PENUNGGAK TAGIHAN LISTRIK
23 Juni 2020

Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman Laksanakan Pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Rehabilitasi jaringan irigasi di Bandar Kasai, Sungai Sariak, Pattamuan, Kecamatan VI Koto Kabupaten padang Pariaman

Reading Time: 2 minutes

Rehabilitasi jaringan irigasi di Bandar Kasai, Sungai Sariak, Pattamuan, Kecamatan VI Koto Kabupaten Padang Pariaman

Padang Pariaman, Media Putra Bhayangkara.Com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Pekerjaan Rumah Kabupaten Padang Pariaman, Deni Irwan menjelaskan bahwa di masa Pandemi Covid 19 saat kini tentunya kita terus berupaya untuk meningkatkan berbagai fasilitas dalam rangka untuk mengurangi beban masyarakat.

“Irigasi merupakan satu faktor penentu dan sungguh berpengaruh akan lancarnya Pertanian. Oleh karena itu jika tak ada pengairan yang memadai tentu setidaknya akan berpengaruh pada hasil pertanian yang akhirnya bermuara panda kurang suburnya hasil panen dari masyarakat petani,” jelasnya saat ditemui di Kantor Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman, Propinsi Sumatra Barat, Senin (22/6 2020).

Adapun fungsi dari Irigasi tentunya, tambah Kadis Deni Irwan yang dekat dengan Jurnalis init adalah untuk menambah pasokan air pada lahan pertanian yang didapat dari curah hujan dan air tanah. Ini di sebabkan jumlah air yang disedot dari tanaman tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Pelaksanaan pekerjaan Irigasi dalam rangka Rehabilitasi jaringan Irigasi yang kini sedang berjalan lancar tentunya utama sekali untuk mendukung adanya ketersedian air pada daerah irigasi Bandar Kasa Pattamuan, Kecamatan VI Koto Sungai Sariak dengan luas lahan 200 Ha. , yang sehingga dapat meningkatkan Produktivitas pertanian yang guna menjamin kebutuhan pangan bagi masyarakat dalam menjamin pemulihan ekonomi masyarakat di tengah Covid 19 khususnya di Kabupaten Padang Pariaman.

Pembuatan jaringan Irigasi sang at banyak manfaatnya deal am mendukung dan meningkatkan Produktivitas sentra-sentra pertanian, disamping telah banyaknya saluran yang telah rapuh dan tersumbat di beberapa titik.
Sedangkan pelakanaan dari pekerjaan proyek Rehabilitasi jaringan Irigasi di laksanakan oleh CV. Mitra Putra Utama dengan anggaran kontrak sebesar Rp. 792.479.000,. Dengan jangka waktu selama 120 hari kalender yang tel ah dimulai sejak 26 maret 2020 hingga 23 Juli 2020.
Untuk Sumber dana dari kegiatan Proyek Jaringan Irigasi, ungkap Deni berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK) tahun 2020. Daerah Padang Pariaman cukup berhasil,karena termasuk dari 4 Kabupaten/ Kota yang mampu melaksanakan kegiatan DAK khusus dalam bidang Irigasi di Wilayah Propinsi Sumatra Barat. ( leo)