Soal Warga Jembayan Tengah Meninggal Tersengat Listrik, Polisi : Belum Ada Laporan
20 Maret 2020
Kesiapan Operasi Aman Nusa Agung II 2020, 33 Personil Polres Melaksanakan Apel
21 Maret 2020

Illegal Mining di Kukar Marak, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Kaltim Ancam Tindak Tegas Jika Tak Miliki IUP

Situasi hauling menuju pelabuhan IKAT Jongkang

Reading Time: 1 minute

Situasi hauling menuju pelabuhan IKAT Jongkang

Kutai Kartanegara, MPB – Maraknya Illegal mining batubara semakin merajalela dan terang-terangan, serta ribuan pasang mata telah melihatnya melintas di jalan umum, namun warga tak bisa berkutik.

Kardi warga Samarinda yang sedang dalam perjalana menuju arah Tenggarong, Jumat (20/03) malam sekitar pukul 19.00 WITA dikonfirmasi awak media MPB saat sedang berherti di jalan mengeluhkan puluhan dump truck yang beriringan muatan batubara melintas di jalan umum saat situasi jalan ramai.

“Muat batubara itu kan sudah ada jalanya sendiri dan diatur sesuai Peraturan Daerah Kaltim nomor 10 tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan jalan Umum dan jalan khusus untuk kegiatan pengangkutan batubara dan sawit. Kecuali yang sudah mendapat ijin,” ungkap Kardi.

Batubara diduga dari Desa Karang Tunggal milik konsesi PT. Bukit Baeduri Energi (BBE ) diangkut melalui jalan umum menuju Pelabuhan IKAT di Jongkang Kecamatan Loa Kulu. Menurut keterangan warga pelabuhan tesebut milik orang Surabaya dan kerjasamakan disewakan dengan pihak lain ” tuturnya.

Terpusah, Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Kaltim Ir. H. Wahyu Widi Heranata,MP melalui Kabid Pertambangan Azwar Busro mengatakan akan menertibkan dan menindak tegas penambang yang tidak memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP).

“Kalau terbukti ini melanggar Undang-Undang nomor 4 tahun 2009 Tentang Minerba pasal 161 dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan denda 10.000.000.000..00 ( sepuluh miliar rupiah),” tandasnya saat ditemui diruang kerjanya. (budi untoro)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *