HARI PERTAMA PELAKSANAAN PSDD, 350 APARAT GABUNGAN DI FOKUSKAN KE 17 TITIK
22 Mei 2020
Polsek Geragai Dampingi Penyerahan 76 KK Bantuan Langsung Tunai (BLT)
22 Mei 2020

POLISI TANGANI KASUS KEBAKARAN KAPAL ANGKUT BAHAN BAKAR MINYAK DI PELABUHAN BURMESO KABUPATEN MAMBERAMO RAYA

Reading Time: 2 minutes

Jayapura – mediaputrabhayangkara.com Pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020, sekitar pukul 11.00 Wit telah terjadi kebakaran Kapal KLM Arham Putra 01 milik Bapak Jamaluddin yang mengangkut bahan bakar minyak di Pelabuhan Burmeso, Kabupaten Mamberamo Raya.

Kronologis kejadian:Pada hari dan tanggal tersebut diatas sekitar pukul 11.00 wit pada saat Kapten kapal dan ABK sedang melayani penjualan, Kapten kapal melihat api yang berasal dari salah satu kamar ABK di bagian belakang, kemudian berusaha memadamkan api namun kondisi kapal yang penuh dengan bahan bakar sehingga tidak dapat di atasi. Selanjutnya Kapten dan ABK kapal menyelamatkan diri keluar dari dalam kapal. Api semakin membesar dan merambat ke tempat penampungan bahan bakar minyak berupa minyak tanah, solar dan premium yang di simpan di dalam drum.

Mendapat informasi kebakaran, personil Polres Mamberamo Raya langsung mendatangi TKP dan bersama masyarakat berusaha memadamkan api dengan menggunakan mesin alkon, namun api sulit dipadamkan sehingga personil bersama masyarakat menyiramkan air ke rumah-rumah yang berdekatan dengan Kapal terbakar guna mengantisipasi merambatnya api ke Rumah rumah warga.

Pukul 13.50 wit seluruh badan kapal terbakar habis, namun api masih menyala dari bagian palka kapal yang berisikan bahan bakar minyak.

 

Identitas Korban/Pemilik kapal:

– Jamaluddin, Laki-laki.

Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni:

Menerima laporan, mendatangi TKP, membantu memadamkan api, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Polres Mamberamo Raya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa kerugian masih dalam pendataan personil di lapangan. Untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan. ( Arif )